Sharing Pengalaman di CB Cyber Community (link: http://motorcb.com/?p=38)

Leave a comment

September 17, 2012 by Temmy Reddevil

Sharing Pengalaman di CB Cyber Community

link: http://motorcb.com/?p=38

Oleh : Frino Bariarcianur Barus

Mailing list [milist] Honda CB Indonesia [honda-CB-Indonesia@yahoogroups.com] merupakan milis para pecinta motor tua buatan Jepang, yakni Motor CB. Milis ini dibuat oleh seseorang yang bernama Temmy “Red Devil” Himawan, si penunggang CB 125s tahun 1978. Di milis inilah dapat kita temukan berbagai pengalaman dan berbagai informasi kegiatan para CBers Indonesia. Nggak hanya itu, milis yang hingga kini beranggotakan lebih dari 500 orang ini, juga memberikan gambaran kelebihan dan kekurangan motor CB. Milis ini dikenal dengan CB Cyber Community [CCC].

Bro, jika melihat posting pertama Bro Temmy, bertepatan pada Hari Ibu tahun 2004, milist ini mengabarkan tentang tertukarnya STNK pengendara motor yang terkena program rutin Polisi Lalu Lintas, razia. Bro Temmy meneruskan email tersebut dari milist lain yang ia ikuti ke milis yang ia buat. Keren. Posting pertama tentang seseorang yang meminta bantuan. Berikutnya Temmy sebagai owner & moderator banyak memberikan jawaban para anggota milis baik itu saran untuk memodifikasi motor atau memberikan perbandingan antara  motor CB dengan motor lain. Berbahagialah Honda, karena ada orang seperti Bro Temmy!

Inilah diskripsi tentang milist Honda CB Indonesia yang diketik oleh Bro Temmy,

Salam Bikers!

Selamat bergabung dalam Milist Honda CB Indonesia. Milist ini adalah milist bagi Komunitas Penggemar, Pemakai, Pewaris, Pencinta, Maniak, Kebeneran Aja Punya, Boncenger, pokoknya semua Bikers, Racers dan Riders Honda CB/CL/CG 100,110,125 serta CB Twin: 125,175,200 dan varian2 CB lainnya seperti XL, XR, SL dan lain2.

Komunitas ini kami namakan: CB CYBER COMMUNITY [CCC] karena basis kami adalah milist di-internet tapi tetap dengan jiwa Brotherhood dan Bikers sejati!

Semua model dan style bisa bergabung disini. Classic, Original, British Style, American Style, Old School, Retro Classic, Scrambler, Rat Bike, Naked Bike, Street Fighter, Freeway, Super Moto, Trail, Ceper, Sport pokoknya semua style asal berbasis CB, CG atau CL, welcome aboard! Satu hal yang pasti, tidak ada CB yang benar-benar sama persis. That’s our speciallity, Brothers! Because, Best Bikes are Built, Not Bought!

Temmy berniat mempertemukan berbagai tipe manusia lewat sepeda motor tua CB. Baik itu penunggang atau orang-orang yang sering dibonceng. Bro Temmy membuat batasan yang apik dengan sebutan : Penggemar, Pemakai, Pewaris, Pecinta, Maniak, Kebenaran Aja Punya, Boncenger, bikers, racers dan riders untuk komunitas yang ia bikin. Beruntunglah kiranya, para CBers dengan senang hati menyambut milis ini. Wadah silahturahmi!

Aku sendiri senang dengan kalimat yang ia bikin,”Satu hal yang pasti, tidak ada CB yang benar-benar sama persis. That’s our speciallity, Brothers! Because, Best Bikes are Built, Not Bought!” Jika Bro Temmy baca tulisan ini, kiranya bisa menceritakan, dapat dari mana, mimpi apa waktu itu, atau setelah makan apa bisa bikin kalimat seperti itu. Salut Bro!

Ia juga memberikan batasan,”Anggota milist tidak memperkenankan obrolan, postingan atau gambar-gambar bersifat SARA, POLITIK dan KEKERASAN. Juga tidak memperkenankan promosi-promosi MLM dan sejenisnya, menawarkan kerjasama bisnis serta menawarkan barang-barang dagangan yang tidak berhubungan dengan dunia motor.” Tentu juga tidak menawarkan jasa pembesaran karburator shahwat. Kalau soal gimana memperbesar tenaga motor CB, milis ini akan banyak membantu.

Berikut statistik milist CBers, terhitung tanggal 20 Januari 2009, pukul 2:27 dini hari,
Jan     Feb     Mar     Apr     May     Jun     Jul     Aug     Sep     Oct     Nov     Dec
2009 231
2008     130     159     347     285     316     213     238     183     197     136     227     157
2007     204     141     154     305     341     149      294     363     290     294   282     259
2006     154     240     353     347     260     172     156     293     219     195     200     171
2005     166     168     162       75     103     164       119     251      259     419     105     121
2004 34

Aku sendiri belum pernah bertatap muka. Namun sepertinya Bro Temmy adalah seseorang yang memahami seluk-beluk motor CB. Aku curiga ia adalah seorang montir profesional yang menyamar, atau doski adalah seorang Agen CIA yang terdampar di Indonesia? heheheh……[sorry, bercanda bro]

Semenjak menjadi anggota milis ini, aku pun mencoba membaca lagi posting-posting terdahulu. Sebab sebagai penunggang motor CB yang baru, jelas informasi mengenai motor tua tersebut sangat penting. Meski awal agak canggung menggunakan kata “Bro”, “CBers”, “Brad” atau sapaan khas para penunggang motor [bikers], pada setiap kalimat yang kubikin, namun perlahan mulai terbiasa. Tak urung kadang kalau membacanya, aku suka senyum-senyum sendiri. Maklum, aku sama sekali tak punya pengalaman berbahasa “gaul” ala bikers.

Anggota Komunitas Cyber para CBers ini beragam. Ada pemilik situs yang berkaitan dengan motor tua, salah satunya Iwan Bangor. Bro Iwan, pemilik situs http://www.motortua.com, terhitung aktif melayangkan surat elektronik di milis. Baik itu berupa tanggapan-tanggapan atau pun menawarkan barang jajanan. Ada juga Bro Upiee, yang mengelola situs http://www.classichondabike.co.cc. Situs yang diparkir di multiply ini, memuat beragam foto-foto yang berkaitan dengan motor CB. Dan juga beberapa tips memoles motor tua.

Masih banyak lagi anggotanya. Mohon maaf, aku belum begitu hapal dengan bro CBers di milist.

Romantika Motor Tua
Nggak bisa dipungkiri memiliki motor tua punya segudang bahkan bergudang-gudang cerita. Pada posting berjudul “Romantika Motor Tua” yang dikirim oleh Bro Abrams Pelenkahu, 14 Januari 2009, mendapatkan respon yang hangat dari anggota milis. Ia memulai ceritanya tentang motor GL-nya yang sering mogok.

Gara-garanya sepele tulis Bro Abrams. “Kadang-kadang karet karbu tau-tau kendor sendiri….pernah juga karet penyambung karbu bocor main akal-akalan. Tutup diaikat aja pake ban dalam bekas. Trus kemarenan kehujanan yang akibatnya gara-gara platina basah kena air.” Apa yang dilakkan oleh Bro Abrams. Ia hanya meniup si karbu dan dikeringkan. Lantas motor pun jalan lagi.

Meski motor GL-ya sering mogok ia tetap sayang. “Emang motor tua itu rewel tapi semakin rewel malah makin sayang.. :P” Alasannya apa Bro. “Karena kita makin tau penyakit-penyakitnya, heheheheh,” tulis Bro Abrams.

Bro Guntur Wibisono lain lagi ceritanya. Doski lebih banyak menelan pil pahit saat memperbaiki motornya yang sering mogok. Menutur Bro Guntur, ia menghabiskan duit sampai berjuta-juta tapi tetap saja motornya mogok. “Ulah montir nakal,” tulis Bro Guntur. Ia juga meng-chrome motornya tapi baru saja 6 bulan, si polesan yang bikin mengkilap motornya jadi buram lagi.

Cerita mengendarai motor tua juga terpaut erat dengan kisah-kisah cinta para penunggangnya. Simak apa yang diungkapkan oleh Bro Jayanto Jay, “Waktu itu gw mau pacaran ke Plaza Semanggi sama cewek gw. Tau-tau lagi jalan santai langsung mati bro. Gw kira mogok karena masuk air. Lalu Bro Jay membawa motorya ke bengkel di Sudirman. Kata si bengkel, tulis Bro Jay, harus mengganti businya. Namun setelah menyelah motornya berulang-ulang, akhirnya si motor nyala juga. Tapi sial, kakinya terasa mau copot dan hemmm…..Bro Jay batal pacaran ke Semanggi bersama pacarnya.

Datang ke rumah pacar waktu menunjukkan pukul 9 malam. Sialnya tu motor, mati lagi. Akhirnya Bro Jay membongkar sendiri motornya di rumah pacar sampai jam 11 malam. Setelah berkeringat, akhirnya motor nyala lagi. Bro Jay pun langsung memacu motornya ke Bekasi. Sayang tidak diceritakan bagaimana komentar sang pacar. Atau apakah sebelum memacu motornya ia mendapatkan ciuman mesra agar tak mogok lagi tu motor.

Lagi-lagi sial. Motor Bro Jay mogok lagi. Akhirnya dari pangkalan Jati sampai ke Cikunir ia mendorong motornya. Keesokan harinya, setelah di diagnosa, penyakit mogoknya bersumber dari Spul.

Begitu juga-lah yang dialami oleh Bro Pray Khan,”Wah ane juga ada momori bro…saat ajak mantan pacar dari cijantung ke bekasi,” tulis Bro Pray mengawali kisahnya.

Pada tutup oli mesin motor Bro Pray dipasang variasi derajat yang berfungsi sebagai “alarm” kondisi suhu mesin. “Jika panas mesin sampai 70 derajat ke atas pasti mati…harus berhenti  1/2 jam utk sekedar ngademin mesin.” Namun bila jalan dan si mesin panas lagi, maka motor akan mati lagi. “Terus-terusan seperti itu. CB ane mati lebih dari 5 kali bro.”

Akibatnya perjalanan Bro Jay jadi panjang. Dari Cijantung sekira 7 pagi sampai di Bekasi pukul 11-an siang. “Kenapa nih mesin?” tanya Bro Jay kebingungan. Bukan apa-apa, ia tidak sendirian naik motor waktu itu. Ia sedang membonceng mantan pacarnya [isteri] yang lagi hamil muda. Apalagi cuaca panas jelas membuatnya khawatir.

Motor Bro Jay pun akhirnya masuk bengkel di Jl. Kalimalang. Menutur si montir, CDI-nya diganti. Namun tetap saja mati. Sampai di rumah mertua mati lagi. Bro Jay bersama kawan-kawan. Katanya,, tulis Bro Jay, persoalan mogok motor berpunca pada koil. Jalan keluarnya diganti koil original supra. Motor Bro Jay nyala lagi. Namun lagi-lagi si motor kumat. Mogok kembali.

Penyelesaian akhir untuk penyakit CB Bro Jay ditangani oleh “dokter” mesin langganan. Saran si dokter, ia harus membeli plser GL Pro Fukuyama. Dan setelah satu tahun berlalu, motor CB Bro Jay tidak mogok lagi. “Dah ngeluarin dana kurang lebih 200 rebong gak sembuh sakitnya. Eh hanya karena pulser aja yang harganya gak nyampe gocap….hidup CB…walau nyusahin tapi ane tetap sayang banget…hehehehe”

Topik demi topik hingga saat ini terus berlanjut. Dari soal mesin, mengecat body, bengkel, tukar menukar nomor telepon, informasi touring sampai jual-beli motor tua CB. Di milist CB Cyber Community semua kisah ditulis dengan gaya masing-masing. Ini telah menjadi ciri khas, seperti yang ditulis oleh Bro Temmy tentang motor CB,””Satu hal yang pasti, tidak ada CB yang benar-benar sama persis. That’s our speciallity, Brothers! Because, Best Bikes are Built, Not Bought!”

Maka begitulah kisah-kisah para pecinta motor CB dituliskan. Meminjam istilah Bro Upie, “Enjoyyyyyyy Bro!” [FB]

http://motorcb.com/?p=38

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

temmy.reddevil@gmail.com

Blog Stats

  • 29,163 hits

Categories

September 2012
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,392 other followers

%d bloggers like this: